16 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing bagi tubuh kita

Kesehatan —Sabtu, 28 Aug 2021 12:24
    Bagikan  
16 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing bagi tubuh kita
16 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing bagi tubuh kita ( Istimewa )

BORNEO, DEPOSTBORNEO

Star Fruit atau Buah Belimbing adalah jenis buah yang jika dipotong memiliki bentuk yang khas seperti bintang, oleh sebab itu dalam bahasa inggris buah ini diberi nama Star Fruit - Buah Bintang. Tanaman ini tidak sulit ditemukan karena banyak orang menanam pohon belimbing, baik di kota maupun di desa. Meski demikian tidak sedikit pula orang yang masih mengabaikan akan khasiat dan manfaat dari buah belimbing ini.

Baca juga: Korean Drama Penthouse 3 Episode 12 Full English Sub, The Fall of Joo Dan Tae and Hera Palace


Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

Baca juga: Taman Labirin Pelaihari, Unik dan Penuh Petualangan

Menanam pohon belimibing tidak terlalu sulit, bahkan banyak ditemukan pohon belimbing yang  tumbuh bukan karena sengaja ditanam. Saking mudahnya pertumbuhan pohon ini menyebabkan jumlah buah melimpah bahkan hingga jatuh berserakan dan membusuk.

Ada beberapa nama yang telah disematkan untuk buah ini, di Indonesia menyebutnya Belimbing , mereka yang berbahasa inggris menamainya Star Fruit, di India Karambal sedangkan di Spanyol Carambola.

Pohon buah belimbing ( Istimewa )

Buah belimbing diyakini berasal dari Negara Sri Lanka atau Maluku serta pulau-pulau di Indonesia, kemudian menyebar ke seluruh Asia dan telah dibudidayakan di sana selama berabad-abad. Pada umumnya belimbing tumbuh di Cina selatan, India, dan Filipina.

Akan tetapi relatif baru bagi negara Amerika Utara dan Selatan yang pertama kali diperkenalkan di Florida pada tahun 1887 dan pada saat itu masih dipandang sebagai buah hias sehingga belum ditanam secara luas. Hingga sekarang ini telah populer dan ditanam secara komersial di Florida, Hawaii, dan Puerto Riko.

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 28 Agustus 2021, Pisces Rindu Masa Lalu, Leo Ingin Berbahagia

Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

Belimbing manis adalah buah dengan sumber vitamin dan mineral yang baik. Belimbing merupakan salah satu buah bervitamin C yang sangat baik. Menkonsumsi 100 gram belimbing cukup untuk memenuhi 14% kebutuhan tubuh akan serat pangan. Serat pangan sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Pohon buah belimbing ( Istimewa )

Kandungan Buah Belimbing

Buah belimbing kaya akan serat dan vitamin C. Dalam satu buah belimbing berukuran 90 gram, kemungkinan terkandung 3 gram serat, 1 gram protein, serta dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Nilai gizi

Buah belimbing adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalori rendah namun merupakan sumber vitamin dan nutrisi lainnya serta antioksidan termasuk yang berikut ini:

Serat, Protein, Vitamin C, Vitamin B5, Kalsium, Sodium, Folat, Tembaga, Kalium, Magnesium.

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 28 Agustus 2021, Pisces Rindu Masa Lalu, Leo Ingin Berbahagia

Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

Manfaat mengonsumsi buah Belimbing

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi buah ini bisa membuat kamu tidak cepat lapar. Kandungan kalorinya yang sedikit dan juga mengandung serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan serat yang tinggi juga akan memperlancar pencernaan. Sifat-sifat belimbing ini membuatnya ramah untuk penurunan berat badan. Apalagi belimbing juga ampuh meningkatkan metabolisme tubuh yang membuatnya baik untuk menu diet dalam program penurunan berat badan.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Mengonsumsi belimbing sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C pada belimbing sangat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah berbagai penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

3. Menjaga rambut tetap sehat

Kandungan antioksidan yang banyak pada belimbing, seperti polifenol, asam galat, dan quercetin bisa  membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang  disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan Vitamin B dalam buah ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Mencegah stroke

Sebuah studi dari International Journal of Food Sciences and Nutrition melakukan penelitian terhadap kadar kolesterol pada tikus yang menerima ekstrak belimbing.

Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa kandungan di dalam belimbing dinilai efektif mengurangi kadar kolesterol sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta stroke.

Buah Belimbing ( Istimewa )

5. Menyembuhkan masalah kulit

Belimbing juga memberi manfaat untuk kecantikan. Terutama meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Kehadiran vitamin C membuatnya bermanfaat bagi kulit Anda.

Belimbing juga memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim.

Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering, dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan mengonsumsi belimbing.

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 28 Agustus 2021, Pisces Rindu Masa Lalu, Leo Ingin Berbahagia

Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

6. Mencegah kanker

Buah belimbing juga dapat mencegah penyakit kanker karena kandungan flavonoid polifenol yang terdapat dalam buah belimbing mampu membantu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh.

7. Mengobati sariawan

 Selain serat, buah belimbing  juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

8. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan juga kalsium yang ada di buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi.

9. Meredakan sakit maag

Kandungan ini dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

10. Memelihara Jantung

Kandungan dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung. Peningkatan kesehatan jantung. Jumlah natrium dan kalium yang tinggi dalam buah belimbing bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh kita, membantu menjaga tekanan darah yang tepat. Ini juga memastikan detak jantung yang teratur dan aliran darah yang sehat.

 Kalsium dalam belimbing juga dapat meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, yang membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

 11. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Belimbing mengandung cukup banyak vitamin B9 (asam folat) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistesin.

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 28 Agustus 2021, Pisces Rindu Masa Lalu, Leo Ingin Berbahagia

Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

12. Menjaga sistem pencernaan

Buah belimbing yang kaya akan serat ini memiliki keuntungan kesehatan lain - yaitu dapat meningkatkan system pencernaan Anda. Ini membantu dalam mengatur ukuran dan kelembutan tinja Anda, sehingga membuatnya mudah untuk melewati sistem Anda. Penderita sembelit akan merasa lega karena buah ini dapat merangsang pencernaan Anda dan meningkatkan kesehatan usus Anda. Kesehatan usus yang baik juga akan memperbaiki gejala lain dari pencernaan yang buruk seperti kram dan kembung.

Buah ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin B yang sangat penting untuk fungsi dan perkembangan sel normal. Belimbing mengandung dua jenis Vitamin B-riboflavin dan folat juga disebut sebagai asam folat dalam suplemen makanan. Kedua vitamin ini mengatur metabolisme Anda dan memastikan kadar hormon dan enzim Anda tetap dalam kisaran normal.

Buah Belimbig atau Starfruit ( Istimewa )

13. Mengontrol gula darah

Serat dalam buah belimbing berperan untuk mencegah pelepasan glukosa setelah makan. Belimbing juga merupakan pilihan yang sehat bagi penderita diabetes. Penderita diabetes bisa makan buah dalam jumlah sedang. Ini adalah camilan sehat untuk penderita diabetes.

14. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan vitamin C di belimbing berperan dalam pembentukan kolagen.

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 28 Agustus 2021, Pisces Rindu Masa Lalu, Leo Ingin Berbahagia

Baca juga: 5 Gunung Paling Angker Jawa Bukan Cuma Exotis Namun Juga Penuh Aura Mistis

15. Menurunkan kolesterol

Buah belimbing mengandung pektin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jumlah serat yang tinggi dan komponen nabati lainnya dari buah belimbing membantu mengendalikan kadar kolesterol. Ini dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Tekanan darah dan kolesterol yang terkontrol berkontribusi pada kesehatan jantung.

16. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Belimbing mengandung potasium dan serat yang berkontribusi pada penurunan angka tekanan darah. Untuk melawan tekanan darah tinggi Anda dapat menambahkan buah belimbing dengan buah-buahan lain untuk diet Anda. Diet sehat dapat membantu Anda melawan hipertensi secara efektif.

Itulah 16 manfaat dan khasiat buah belimbing bagi tubuh kita.


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait