Cari Tahu Yuk, Mamfaat dari Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kesehatan —Selasa, 21 Sep 2021 13:10
    Bagikan  
Cari Tahu Yuk, Mamfaat dari Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh Kita
Cari Tahu Yuk, Mamfaat dari Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh Kita/Pinterest

DepostBorneo



Biasanya bawang putih digunakan sebagai bumbu dapur yang sering digunakan pada saat mengolah makanan. Bawah putih sendiri miliki manfaat yang banyak selain untuk memasak. Ada beberapa manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Manfaat bawang putih telah digunakan sejak zaman mesir kuno, beberapa orang menggunakan bawang putih sebagai ramuan herbal dengan bahan dasar bawang putih. Bawang putih juga banyak digunakan untuk pencegahaan penyakit tertentu dan meningkatkan imunitas tubuh.

Bawang putih banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Di dalam bawang putih terdapat vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, Kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng. Tanaman yang termasuk dalam keluarga amarilis (Amaryllidaceae) ini merupakan umbi siung budidaya Asia Tengah.

Bumbu masakan yang hampir selalu hadir di setiap dapur ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Bawang Putih Bisa Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Dalam bawang putih terdapat kandungan zat yang bernama alisin yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah jadi dengan ada pelebaran pembuluh darah maka, tekanan darah dapat diturunkan.

2. Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Baca juga: Cara Membuat Makanan Masa kini Onion Ring, Cocok untuk Cemilan Anti Gabut!

Baca juga: Cara Simple Membuat Cireng Isi Ayam Gurih dan Nikmat

Bawang putih mengandung zat aktif yang dapat menstimulasi pankreas untuk menghasilkan insulin. Seperti yang kita ketahui penyakit diabetes atau kencing manis memiliki gula yang tinggi karena insulin tidak mencukupi sehingga gula dalam peredaran darah meningkat.

Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah atau LDL dalam darah sehingga jika kadar kolestrol dalam darah dapat dikendalikan itu otomatis secara tidak langsung dapat menyehatkan fungsi dari jantung.

3. Dapat Mencegah Penyakit Pikun Atau Alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya demensia atau Alzheimer. Alzheimer adalah penurunan fungsi otak dimana penurunan daya ingat biasanya disebabkan karena stres oksidatif. Salah satu fungsi dari antioksidan adalah untuk mencegah terjadinya stres oksidatif.

Baca juga: Sang Penunggu Lautan Selatan Ratu Nyi Blorong

Baca juga: Makanan Nasi Paling Lezat Sedunia

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih sebagai antivirus dapat menangkal berbagai macam virus yang terbukti mampu meningkatkan imunitas. Konsentrasi senyawa yang terdapat dalam bawang putih membantu melawan virus.

Untuk Kesehatan Gigi

Bawang putih mengandung zat aktif yang berfungsi untuk anti mikroba. Jika bawang putih digigit dan mengeluarkan zat aktif itu mampu untuk menghambat kuman-kuman yang terdapat dalam rongga mulut.

Baca juga: Jenis-jenis Pakaian Adat Jawa yang Mengandung Makna di Dalamnya


SUMBER DEPOSTBALI


Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait