Apa itu Self Harm dan Faktor Penyebab Seseorang Melakukannya

Kesehatan —Senin, 13 Dec 2021 15:02
    Bagikan  
Apa itu Self Harm dan Faktor Penyebab Seseorang Melakukannya
pinterest

DEPOSTBORNEO.COM- Self Harm adalah perbuatan menyakiti diri sendiri untuk mengatasi tekanan yang mendalam dan luka emosional. Hal ini bisa membantu seseorang yang melakukannya untuk bisa mengekspresikan perasaan yang tidak dapat ia ungkapkan, meluapkan kesedihan dan sebagai cara untuk menghukum diri sendiri.

Menyakiti diri sendiri adalah segala hal yang dilakukan agar membuat cedera pada diri sendiri. Contohnya seerti memukul diri sendiri, memukul dinding, membenturkan kepala, menyanyat tubuh hingga meminm racun.

Bukan hanya itu, meminum alcohol dalam porsi yang tidak wajar, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan secara ugal-ugalan juga termasuk ke dalam perilaku menyakiti diri sendiri.

Ada beberapa penyebab yang bisa membat seseorang menyakiti dirinya sendiri. Dbawah ini adalah beberapa hal dan penyebab seseorang melakukan self harm.

1. Pelampiasan Emosi

Seseorang yang melakukan self harm memiliki alasannya masing-masing. Salah satu alasan yang menyebabkan seseorang melakukan self harm adalah karena ia menaggap self harm adalah sebuah pelampiasan emosi.

Mereka menanggap bahwa melakukan self harm dapat menggantikan rasa sakit mendlam yang mereka alami. Beberapa orang menanggap bahwa melukai diri sendiri lebh baik daripada merasa hampa atau mati rasa.

Baca juga: Romantis Banget! 3 Hotel Ini Cocok Untuk Bulan Madu

2. Benci Terhadap Diri Sendiri

Sebuah studi mengatakan bahwa mereka yang sering merasa rendah diri hingga membuatnya membenci diri sendiri lebih beresiko melakukan self harm.

Banyak orang yang menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi hingga melakukan self harm sebagai bentuk pelampiasannya.

3. Mengatasi Depresi

Seseorang yang menyimpan stress dan depresi yang menumpuk beresiko untuk melepaskan stress dengan meluakai dirinya sendiri.

Hal ini disebabkan karena mereka merasa bahwa ia lebih baik merasa kesakitan daripada merasakan depresi yan berlebihan.

Dan masih banyak alasan-alasan lainnya seseorang melakukan tindakan self harm. Untuk segala yang sudah kamu lalui di kehidupan ini, kalian tetap makhluk yang sangat special di mata-Nya.

Kalau kamu sudah merasa hidupmu berat dan bingung untuk melampiaskannya seperti bagaimana, kamu bisa mendatangi lembaga terkait ya. Cobalah untuk terbuka dengan orang lain. –zz-

Baca juga: Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh Dengan Cara Dibawah Ini

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait