Wajib Coba ! Ini Kuliner Khas Borneo yang Jangan Dilewatkan

Kuliner —Kamis, 4 Nov 2021 14:05
    Bagikan  
Wajib Coba ! Ini Kuliner Khas Borneo yang Jangan Dilewatkan
Soto Banjar/pinterest

BORNEO, DEPOSTBORNEO.COM- Bukan Indonesia namanya kalau sutu daerah tidak memiliki  makanan khasnya masing-masing.

Salah satunya Borneo, bukan hanya kaya akan kekayaan alamnya, ternyata ada banyak juga loh makanan khas yang harus kamu coba saat kesini!

Nih, intip beberapa makanan terkenal khas Borneo yang wajib kamu coba.

1. Kue Chai/Choipan

Pecinta cemilan wajib banget nih cobain kue khas Kalimantan satu ini. Namanya kue chai atau choipan. Kuenya berbentuk seperti pastel namun dengan tekstur yang sangat lembut. Isiannya beragam, ada bengkuang, kucai, atau talas. Uniknya lagi, kue  ini biasanya disajigan dengan bawang goring looh.

2. Soto Banjar

Makanan satu ini memang sudah tidak asing di telinga kalian semua. Soto memang salah satu makanan yang menjadi ciri khas beberapa daerah. Sama halnya dengan Banjar. Soto banjar ini memiliki bahan utama ayam suwir yang dipadukan dengan kuah yang kaya dengan rempah-rempah. Kadang, soto banjar juga ada yang kuahnya keruh karena di campur dengan susu. Isiann dari soto ini juga lengkap. Mulai Dari woeetel, perkedel, telur rebus hingga ketupat. Lengkap sekali bukan?

Baca juga: 6 Tempat Destinasi Wisata di Borneo yang Kaya Budaya dan Pesona Alamnya

3. Ketupat Kandangan

Ketupat adalah salah satu makanan yang akrab untuk masyarakat Indonesia. Ketupan Kandangan Kalimantaan berbeda dengan ketupan yang biasa disajikan saat lebaran. Karena ketupat ini disajikan bersama ikan gabus. Ikan gabus yang disajikan adalah ikan gabus yang sudah dipanggang lalu disiram dengan kuah bersantan dengan racikan rempah dari cengkeh, kayumanis, kapulaga hingga pala.

4. Bingka Khas Kalimantan

Kue Bingka ini berbahan dasar tepung terigu dan santan. Biasanya juga ditambahkan tape, labu, kentang dan pandang jugamasih banyak lainnya. Kue bingka ini sangat popular di Kalimantan karena cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Baca juga: Misteri, Asal-usul Kuyang, Hantu dari Kalimantan Penghisap Darah Bayi

5. Bubur Pedas

Bubur Pedas Khas Kalimantan ini sangat berbeda dengan bubur yang sering kita jumpai dan kita makan biasanya. Walaupuan namanya bubur pedas, rasa bubur ini ternyata sama sekali nggak pedas. Bubur Pedas ini hamper mirip dengan bubur manado yang di dalamnya terdapat banyak sayuran. Biasanya bubur ini disantap bersama dengan ikan teri dan perasan jeruk nipis.

6. Nasi Bekopor

Katanya, makanan ini adalah sajian khas Raja Kalimantan loh! Nasi Bekopor ini masakan yang di sukai raja-raja dari Kalimantan. Nasi Bekopor adalah nasi yang rasanya serupa dengan nasi liwet yang penuh dengan rasa santan. Kalau biasanya nasi liwet disantap bersama dengan ayam goring, nasi bekopor disantap dengan daging masak bumi hangus yang bikin rasanya jadi makin enak.

Itulah beberapa makanan dan masakan khas Kalimantan yang harus kamu coba!-zz-

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait