Makanan Khas Kalimantan yang Menggugah Selera

Kuliner —Senin, 6 Dec 2021 14:05
    Bagikan  
Makanan Khas Kalimantan yang Menggugah Selera
pinterest

DEPOSTBORNEO.COM- Dibalik keindahan alamnya yang sangat memukai, Kalimantan juga ternyata memiliki keunikan lainnya. Keunikan itu ada di olahan makan khasnya.

Dengan memadukan berbagai sumber daya alam yang ada dengan rempah khasnya, membuat makanan khas Kalimantan memiliki cita rasa yang begitu lexat. Berikut adalah beberapa makanan khas Kalimantan yang bisa kamu coba.

1. Ketupat Kandangan

Menggunakan ketupat sebagai bahan utamanya. Namun, ketupat yang digunakan pada ketupat kandangan memiliki kuah yang lebih keruh karena dapat tambahan berupa santan. Membuat cita rasanya menjadi nikmat dan gurih. Kadang, diberikan ikan dan telur sebagai bahan pelengkap lauknya.

Baca juga: Seperti di Maldives, Ternyata Cuma di Kalimantan Lho!

2. Soto Banjar

Makanan satu ini cukup familiar di masyarakat. Itu karena makanan ini tersebar dipenjuru wilayah Indonesia. Tapi, kamu hanya bisa merasakan rasa yang otentik saat menyantapnya secara langsung di Kalimantan. Kuahnya kental dan agak keruh justru disukai oleh banyak orang.

3. Bubur Pedas

Makanan khas Kalimantan ini berbedan dengan bubur yang bisa kita jumpai di sini. Walaupun namanya adalah Bubur Pedas, namun ketika di santap rasanya tidak sepedas yang kita pikirkan. Banyak orang yang menyamakan bubur ini dengan bubur Manado karena sama-sama memakai sayur di dalamnya.

Baca juga: Kenali Pengertian, Tanda dan Penyebab Insecure

4. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam adalah olahan kuliner yang menggunakan ikan tawar sepeeti ikan haruan, ikan mangki, ikan gabus, ikan sepat, ikan papuyu dan ikan haruan. Di pengolahannya, ikan diawetkan terlebih dahulu dengan ditaburi dengan garam dan beras ketan. Jika memasuki waktu tertentu, ikan itu akan dimasak lalu diberikan bumbu khas lainnya.

5. Kelepon Martapura

Klepon juga sangat familiar di telinga masyarakat. Namun, klepon martapura ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan klepon lainnya. Ukurannya yang lebih kecil dan teksturnya yang kenyal membedakannya dengan klepon biasa.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan yang lezat dan harus kamu coba. Kamu mau coba yang mana? –zz-

Baca juga: Menyaksikan Animal Show di Bali Safari Marine Park

Baca juga: Film Bird Box, Fenomena Pembunuhan Massal

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait