Kota Ghaib Saranjana, Misterius dan Modern

Mystery —Selasa, 7 Dec 2021 14:58
    Bagikan  
Kota Ghaib Saranjana, Misterius dan Modern
pinterest

SARANJANA, DEPOSTBORNEO.COM- Masyarakat Indonesia memang sangat kental dengan unsur mistis, ghaib dan lain sebagainya. Bahlan, beberapa mitos dan legenda masih ada dan dipercaya hingga kini.

Salah dari mitos yang masih dipercaya oleh orang Kalimantan adalah keberadaan kampong Saranjana.

Saranjana disebut berate di Kalimantan Selatan, tepatnya di Pulau Halimun atau Pulau Laut, inukota Kabupaten Kotabaru.

Kota Saranjana diipercaya adalah kawasan yang maju, jalannya sudah lebar dengan gedung-gedung yang tinggi dan penduduknya yang dikenal cantik dan tampan.

Katanya, siapa saja yang mencoba masuk ke kota Saranjana tidak akan bisa keluar dan kembali.

Secara administrative, Kota Suranjana berada di wilayah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Namun ternyata, kota itu tidak pernah ditemukan didalam peta, itulah mengapa kota itu disebut sebagai kota Ghaib.

Baca juga: Mitos dibalik Keindahan Pegunungan Meratus

Walaupun tidak ada dalam kota, masyarakat setempat percaya kota itu benar=benar ada di sebuah pulau. Pulau tersebut bernama Pulau Laut, dimana ibukota Kabupaten Kotabaru berada.

Kalau kamu penasaran, coba caro di peta modern Indonesia, Pulau Laaut hamper tidak terlihat karena ukurannya yang sangat kecil. Tempat tersebut sangat cantik dan masih jarang dikunjungi karena tidak berpenghuni.

Masyarakat setempat meyakini Kota Saranjana terletak di bagian selatan pulau tepatnya di Desa Oka-oka, kecamatan Pulau Laut, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sejak dulu kala, masyarakat percaya bahwa bagian wilayah yang berupa perbukitan dan tidak berpenghuni tersebut menjadi lokasi dari kota ghaob Saranjana yang dihuni oleh jin muslim.

Diyakini bahwa tidak sembarang orang yang mampu melihat keberadaan Kota Saranjana.

Konon, warga Saranjana adalah golongan jin muslim yang menyerupaimanusia. Namun mereka memiliki fisik yang lebih besar serta paras yang lebih rupawan dari manusia pada umumnya.

Baca juga: Inilah Cara Cepat Menghafal Al-Quran

Katanya, kondisi kota Saranjana juga memiliki penampilan modern kayaknya kota yang maju. Dereta gedung tinggi bisa dijumpai dengan teknologi yang canggih yang jauh diatas manusia saat ini.

Saranjana juga bisa diacak melalui peta pada zaman penjajahan belanda

Peta itu berjudul “Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermassing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedeelte van Borneo”.

Yang artinya adalah Peta Wikayah Pesisir dan Pedalaman Borneo.

Kisah lain yang beredar adalah buah=buahan yang tubuh di Saranjana berukuran besar dan beda dengan yang ada di alam manusia. Jenis buahnya sama namun ukurannya raksasa. Namun, jika buah itu dibawa kea lam manusia, maka buah itu akan kembalii ukurannya menjadi ukuran normal. –zz-

Baca juga: Seperti di Maldives, Ternyata Cuma di Kalimantan Lho!

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait