Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Objek Wisata Batu Lumpang

News —Selasa, 17 Aug 2021 09:11
    Bagikan  
Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Objek Wisata Batu Lumpang
Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Objek Wisata Batu Lumpang/postpangandaran.com

PANGANDARAN,DEPOSTBORNEO

Penggiat wisata Batu Lumpang di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menggelar upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai. Upacara dan pengibaran bendera merah putih tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 76.

Area sungai Batu Lumpang yang dijadikan sebagai tempat kegiatan upacara tersebut berlokasi di jalur sungai Ciwayang tepatnya Dusun Dukuh I, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Ketua Kelompok Wisata Batu Lumpang Ade Galing menyampaikan, upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai sebagai alternatif penggiat wisata dikala pelaksanaan HUT RI ke 76 dibatasi lantaran kondisi pandemi.

"Meskipun di tengah Pandemi kecintaan terhadap tanah air dan bentuk penghargaan kepada pahlawan harus tetap dijaga," kata Ade Selasa 17 Agusutus 2021.

Kata dia, meski kegiatan tersebut digelar di sungai, tidak mengurangi rasa hormat dan kekhidmatan peserta upacara dalam melaksanakan rangkaian upacara.

"Selain diikuti penggiat wisata, upacara dan pengibaran bendera merah putih juga diikuti mahasiswa yang sedang menggelar KKN," katanya.

Baca juga: Cerita Horor, Kisah Hantu Nancy Arwah Noni Belanda yang Bergentayangan

Baca juga: Streaming Ikatan Cinta Malam Ini, Mesranya Aldebaran dan Andin Beradegan Ini!

Ade menjelaskan, sudah dua tahun upacara dan pengibaran bendera merah putih sejak pandemi tidak diselenggarakan secara meriah.

"Perlu inovasi dan kreatif untuk tetap menjaga dan mempertahankan kecintaan dan memberikan penghormatan kepada jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia," ungkap Ade.

Digelarnya upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai ini, Ade berharap bisa menumbuhkan nilai ke Indonesiaan peserta upacara umumnya masyarakat.

"Pelaksanaan ini juga diharapkan jadi motivasi bagi kita semua untuk segera memutus mata rantai penyebaran wabah virus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ajaknya.

Ade juga mengajak, seluruh penggiat wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk sadar terhadap program vaksinasi supaya pandemi cepat berakhir.

"Kunci utama pemutus penyebaran wabah di antaranya mengikuti vaksinasi dan memperketat penerapan protokol kesehatan," tandasnya. (Deni)

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Sambal Kecombrang Pedas Wangi Menggoda

Baca juga: Beginilah Budaya Ritual Jamasan Pusaka di Bulan Suro

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait