Mengenal Ciri-ciri Pemrograman Berorientasi Objek Untuk Kamu Yang Baru Belajar

Pendidikan —Sabtu, 7 Aug 2021 10:14
    Bagikan  
Mengenal Ciri-ciri Pemrograman Berorientasi Objek Untuk Kamu Yang Baru Belajar
Mengenal Ciri-ciri Pemrograman Berorientasi Objek Untuk Kamu Yang Baru Belajar - Pinterest

BORNEO, DEPOSTBORNEO

Dalam sebuah pembuatan aplikasi dibutuhkan sebuah pemrograman untuk menajalankan alur system sebuah aplikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user atau pengguna. Pembuatan program digunakan untuk mengembangkan sesuatu yang sudah ada atau belum ada sama sekali.

Pemrograman merupakan sebuah proses menulis untuk membangun suatu program computer. Kode ini ditulis dalam berbagai Bahasa pemrograman salah satunya Java. Tujuan dari pemrograman sendiri untuk memuat suatu program yang dapat melakukan pekerjaan yang sesuai dengan logika programmernya.

Baca juga: Resep Dan Cara Membuat Pecel Lele yang Renyah , Resep Ala Rumahan

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Sabtu 7 Agustus 2021, Cancer Sedang Merasa Gelisah

Baca juga: Internet Of Things (IoT) Perkembangan Teknologi Digital Yang Menjadi Serba Otomatis

Dalam pemrograman terdapat dua jenis yaitu frontend dan backend. Frontend digunakan untuk mempercantik user interface (ui) sedangkan backend digunakan sebagai proses dimana data-data yang ada akan dikelola ke dalam sebuah database.

Kali ini DEPOSTBALI akan membahas tentang pemograman berorientasi objek atau biasa dikenal sebagai PBO yang digunakan sebgaai backend. Dalam sebuah pbo kita tidak jauh dengan yang namanya objek dan class.Objek merupakan bagian dari class dan class merupakan gabungan antara objek-objek.

Contoh class dan objek, disebuah sekolah memiliki 10 guru dan 30 siswa. Maka dari itu yang disebut sebagai class adalah sekolah dan objek adalah 10 guru dan 30 siswa.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Ayam Yang Gurih Dan Lembut, Spesial Rasanya Lezat dan Menyenangkan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 6 Agustus 2021, Leo Berpura-pura Baik Hari Ini

Biasanya dalam pembuatan pemrograman seorang programmer bertugas untuk merancang dan menerapkan pengelompokkan logis dari tipe data serta fungsi-fungsi yang akan digunakan dalam memecahkan masalah.

PBO sendiri diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang dalam bidang pemgrograman. Sebelum membuat sebuah program berbasis objek perlu dipahami ciri-ciri dari PBO, sebagai berikut.

Enkapsulasi (encapsulation)

Membungkus atau menyatukan data beserta method-method-nya sebagai satu unit. Enkapsulasi dilakukan dengan tujuan menyembunyikan dan mengelompokkan data dengan lebih baik untuk membuat data lebih aman.

Warisan (inheritance)

Konsep bahwa property dari suatu class dapat diwarisi oleh class lainnya. Dengan adanya konsep ini, method dan attribute dari suatu class dapat digunakan kembali di class lainnya.

Polimorfisme (polymorphism)

Konsep untuk memungkinkan pengguna interface yang sama, tetapi secara proses memiliki perbedaan.

Abtraksi (abtraction)

Menyembunyikan detail dari satu proses dan menunjukkan hal-hal yang penting saja kepada pengguna atau user. (put)

Baca juga: Ini Dia 5 Aplikasi Bantuan Untuk Kamu Yang Akan Pergi Liburan Ke Luar Negeri

Baca juga: Mengenal Leonard Kleinrock, Sang Penemu Internet Dan Sejarahnya

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait