Hukum dari Puasa Senin Kamis, Serta Niatnya dan Manfaatnya

Pendidikan —Rabu, 29 Sep 2021 11:50
    Bagikan  
Hukum dari Puasa Senin Kamis, Serta Niatnya dan Manfaatnya
Hukum dari Puasa Senin Kamis, Serta Niatmya dan Mamfaatnya/Pinterest

Depostborneo


Sebagai umat muslim, berpuasa merupakan perilaku yang dianjurkan oleh Rasulullah. Tidak hanya puasa di bulan suci Ramadhan saja. Ada beberapa puasa yang di sunnahkan. Salah satunya puasa senin kamis untuk dilaksanakan secara tidak wajib.

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Cemilan Keripik Singkong

Baca juga: Resep Minuman : Cara Membuat Jus Semangka yang Sehat

Rasulullah menganjurkan puasa Sunnah tersebut, karena Keutamaannya yang luar biasa tidak hanya menyehatkan jasmani maupun rohani, tapi juga mendapat amal baik.



Puasa Seni Kamis dilaksanakan mulai sejak terbit matahari atau 10 menit sebelum adzan subuh. Kemudian diakhiri dengan waktu berbuka di saat terbenamnya matahari atau maghrib tiba.

Berikut niat puasa Senin Kamis lengkap dengan bacaan Arab,latin beserta dengan terjemahannya :



Bacaan Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shouma Yaumal Istnaini Sunnatal Lillahi Ta'ala"

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.


BacaanNiat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillahi Ta'ala"

Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.


Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, bahkan sangat jarang meninggalkannya selama hidupnya. Bahkan ada beberapa hadist yang menyebutkan tentang puasa sunah Senin Kamis salah satunya adalah "Bahwasanya Nabi Muhammad Saw lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." Diriwayatkan dari Abu Hurairah (HR. Ahmad).

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan dari puasa sunnah Senin Kamis menurut pandangan Islam yang dirangkum dari berbagai sumber :

  1. Hari Senin Merupakan Hari Kelahiran Rasulullah dan Hari Menerima Wahyu Allah

Hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah dan hari Menerima wahyu Allah. Oleh karena itu, disunahkan untuk seluruh umat muslim melakukan ibadah puasa pada hari tersebut.

  1. Waktu Ketika Amal Manusia Diperiksa

Hari Senin dan Kamis adalah waktu dimana saat amalan manusia akan diperiksa. Amal manusia pada kedua hari itu diperiksa oleh Allah SWT. Berdasarkan hadis dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Amal-amal manusia diperiksa dihadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang diantaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)


  1. Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan puasa senin kamis berikutnya dan yang paling dahsyat. Hari senin dan kamis adalah hari dibukanya pintu surga. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan Imam muslim, yang bersumber dari Abi Hurairah.

Baca juga: Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali Mempunyai Wisata Perkebunan Tembakau yang Indah

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Cemilan Kue Garpu

"Pintu surga dibuka hari Senin kamis. Tiap hamba yang menjauhi syirik pada Allah meski sedikit pun maka akan dosanya akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali bagi seseorang yang mempunyai pertengkaran/permusuhan antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan disampaikan pada mereka, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai."




Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait