Pahala yang Sangat Banyak di Hari Jumat, Disunahkan Memperbanyak, Doa dan Shalawat

Pendidikan —Jumat, 1 Oct 2021 12:39
    Bagikan  
Pahala yang Sangat Banyak di Hari Jumat, Disunahkan Memperbanyak, Doa dan Shalawat
Pahala yang Sangat Banyak di Hari Jumat, Disunahkan Memperbanyak, Doa dan Shalawat/Pinterest

Depostborneo


Hari jumat merupakan hari istimewa yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan Sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hari jumat memiliki keutaman dibandingkan hari yang lainnya, Disunnahkan memperbanyak membaca sholawat, dzikir dan doa.

Baca juga: Warna Accessories dan Busana yang Cocok Bagi Wanita yang Memiliki Kulit Eksotis

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Bebek Goreng yang Empuk dan Lezat

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surge, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari jumat.”(HR. Muslim)


Dalam sebuah hadist yang diriwatkan oleh Al- Iman al syafii dan al-Imam dari Sa’ad bin ‘Ubadah: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya fitri. Di dalam jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu didalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari jumatt”.

Karena banyak keutamaan dan keberkahaan pada hari jumat, Rasulullah menganjurkan untuk melakukan banyak amalan Sunnah dan berbagai amal kebaikan di hari yang juga digelari dengan sayyidul ayyam (tuan segenap hari). Berikut Beberapa amalan yang bisa dilakukan pada hari jumat.

1 Membaca Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi yang disebut Ashabul Kahf surah ke-18 dalam Al-Quran yang terdiri atas 110 ayat, termasuk golongan surah Makiyyah.  Rasulullah menjelaskan dalam salah satu hadist tentang keutamaan hari jumat yaitu “Siapa yang membaca surat al-kahfi pada hari jumat, cahaya akan meneranginya di antara dua jum’at.” (HR. Al-Hakim)


  1. Memperbanyak Membaca Sholawat

Dalam sebuah riwayat menceritakan Anas bin Malik berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa bershalawt kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan Shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya.” (HR. Nasai) ( No. 1297 Maktabatu Al Maarif Riyadh) Shahih.


Dalam riwayat lainnya Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya agar bersholawat di hari jumat seperti dijelaskan dalam hadist berikut : “ Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

  1. Memperbanyak Doa

    Menurut Syekh Ali Jaber waktu mustajab terjadi pada waktu terakhir sore hari pada hari jumat. Dari beberapa riwayat hadist 1 jam yang paliing kuat untuk diterima doanya adalah 1 jam terakhir pada sore hari, perkiraan 1 jam sebelum maghrib, kata syekh Ali Jaber.

    Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Lobster Saus Buttemilk dengan Bumbu Rempah-rempah

    Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Dessert Biskuit Oreo yang Sangat Lezat

    Baca juga: Andy Rubin Sang Pencipta System Operasi Android


    Dijelaskan dalam sebuah Hadist HR. Bukhari dan Muslim,  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Di hari jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan apa yang ia minta. “Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya ( sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)


Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait