Sejarah dan Makna tentang Tanggal 4 Oktober Hari Peringatan Hewan Sedunia

Pendidikan —Senin, 4 Oct 2021 14:14
    Bagikan  
Sejarah dan Makna tentang Tanggal 4 Oktober Hari Peringatan Hewan Sedunia
Sejarah dan Makna tentang Tanggal 4 Oktober Hari Peringatan Hewan Sedunia/Pinterest

DepostBorneo


Peringatan Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day jatuh pada tanggal 4 Oktober 2021 untuk mendorong masyarakat menghargai keberadaan hewan atau satwa secara global.

Hari hewan sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1925 dan dicetuskan oleh seorang penulis dan aktivis perlindungan hewan, Heinrich Zimmermann hingga mendapat perhatian banyak masyarakat.

Awalnya, perayaan Hari Hewan Sedunia diperingati pada tanggal 24 Maret 1925 yang digelar di Sport Palace, Berlin. Kegiatan tersebut menarik perhatian kurang lebih 5000 pengunjung yang hadir.

Sementara itu, saat ini tanggal peringatan Hari Hewan Sedunia tersebut dirayakan pada 4 Oktober 2021. Lantas bagaimana sejarah penetapan Hari Hewan Sedunia dan apa makna dari peringatan ini bagi perlindungan satwa?

Baca juga: Macam-macam Tanaman yang Bisa Menyerap Debu dalam Ruangan

Baca juga: Cerita Horror : Pendaki yang Sempat Hilang di Gunung Abbo

Mimin akan memberikan informasi tentang Sejarah dan Makna dari peringatan hewan sedunia, yaitu :

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, gagasan Hari Hewan Sedunia yang dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann mendapatkan respon positif dari masyarakat yang menyambut gerakan ini sebagai dorongan untuk melindungi hewan.

Dalam rapat Kongres Organisasi Perlindungan Hewan Sedunia di Florence, Italia kemudian mengubah tanggal Hari Hewan Sedunia yang semula 24 Maret menjadi 4 Oktober.

Pergantian tanggal peringatan Hari Hewan Sedunia didasarkan pada tanggal kunjungan dari Fransiskus yang berasal dari Asisi sekaligus pendiri ordo Katolik di Perancis. Menurut keyakinan masyarakat, Santo Fransiskus adalah pelindung ekologi, termasuk kesejahteraan hewan.

Tujuan diperingati Hari Hewan Sedunia (World Animal Day) tidak lain adalah untuk memberikan dorongan masyarakat guna menghargai keberadaan hewan atau satwa secara global.

Makna peringatan Hari Hewan Sedunia ini memupuk harapan terhadap kesadaran manusia untuk melindungi semua makhluk hidup yang ada di Bumi, termasuk hewan. Hal ini karena keyakinan bahwa hewan memiliki rasa sakit, senang, takut, dan frustasi seperti manusia.

Berbagai macam kegiatan dapat diselenggarakan untuk memperingati Hari Hewan Sedunia ini antara lain acara bazar, donasi terhadap organisasi pelindung hewan, vaksinasi hewan gratis, maupun acara-acara yang melibatkan hewan lainnya.

Dilansir dari ANTARA, terdapat beberapa poin peringatan Hari Hewan Sedunia sebagai penghargaan terhadap satwa, antara lain adalah bahwa hewan harus memiliki:

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Keripik Sukun Gurih dan Renyah

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Makaroni Schotel Kukus yang Sangat Nikmat

  • Kebebasan dari rasa haus dan lapar
  • Kebebasan dari rasa tidak nyaman
  • Kebebasan mengekspresikan tingkah laku alami hewan
  • Kebebasan dari rasa stres dan takut
  • Kebebasan dari rasa sakit maupun dilukai

Itulah poin penting yang harus dijunjung dalam rangka perlindungan terhadap hewan di seluruh dunia yang harus diketahui, sejarah peringatan Hari Hewan Sedunia, serta maknanya.

Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait