Cari Tahu Yuk! Keunikan Apah Saja yang Ada di Pulau Kembar Tiga Lombok

Wisata —Jumat, 17 Sep 2021 12:59
    Bagikan  
Cari Tahu Yuk! Keunikan Apah Saja yang Ada di Pulau Kembar Tiga Lombok
Cari Tahu Yuk! Keunikan Apah Saja yang Ada di Pulau Kembar Tiga Lombok/Pinterest

LOMBOK, DepostBorneo

Untuk kawan-kawan yang suka berwisata, pernah dengar Pulau Kembar Tiga? Ternyata bukan bayi saja yang bisa kembar loh, pulau di salah satu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tercinta ini juga ada yang kembar. Sudah tidak asing lagi ya kawan-kawan dengan wilayah Pulau Seribu Masjid ini. Ya, selain Pulau Kembar Tiga, ternyata wilayah ini dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid lohh.

Wah, sangat keren sekali ya, semua sebutan yang indah sudah di ambil oleh wilayah ini. Dimana kah ini? Ada yang tau? Yap, benar. Apalagi kalau bukan Lombok, salah satu Pulau yang berada di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.


Apa kawan-kawan wisatawan tau keindahan apalagi yang ada di Pulau Lombok ini? Pasti belum tau bukan? Pulau ini memiliki bentuk yang sangat unik loh kawan-kawan wisatawan. Ternyata, Pulau Lombok ini memiliki ekor. Ups, bukan ekor putri duyung yaaa, ini bukan drama Legend of The Blue Sea, jadi jangan berpikir aneh-aneh berharap bisa bertemu putri duyung secantik Jun Ji-Hyun disini. Tapi tenang, Indonesia masih punya putri-putri yang tak kalah cantik juga kok. Kembali ke ekor tadi ya kawan-kawan wisatawan, jadi Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km.

Nah, kalau untuk Pulau Kembar Tiga ini terletak tepat di lepas pantai barat laut Lombok, Indonesia. Pulau Kembar Tiga ini memiliki nama yang sama. Tentu saja sama, kan kembar sama seperti bayi kembar yang memiliki nama kembar juga. Jadi, nama kembar pulau ini adalah Gili. Pulau Kembar Tiga ini merupakan Kepulauan Gili atau Tiga Gili yang terdiri dari tiga pulau kecil atau Pulau Gili kembar Tiga. Tiga Pulau ini bernama Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Kepulauan Gili ini merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan. Setiap Pulau Gili memiliki beberapa sanggraloka kecil, biasanya terdiri dari kumpulan pondok untuk wisatawan, kolam kecil, dan restoran. Bagaimana cara transportasi untuk mencapai Pulau ini? Di Pulau ini, lalu lintas mobil dan kendaraan bermotor dilarang oleh peraturan setempat, dengan demikian metode transportasi untuk mencapainya yang disukai penduduk adalah dengan berjalan kaki dan bersepeda atau kereta yang ditarik kuda yang disebut cidomo.

Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah Gili terbesar dari ketiga pulau kembar tersebut. Ibaratnya kakak tertua dari saudara kembar lah yaaa. Gili Trawangan ini yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan juga satu-satunya Gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut yang cukup signifikan. Dengan ukuran 3 km x 2 km, Trawangan memiliki populasi sekitar 800 jiwa, loh. Di antara ketiga Gili tersebut, Gili Trawangan memiliki fasilitas yang paling beragam untuk wisatawan, salah satunya ada kedai "Tîr na Nôg" dan mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Wah, untuk kawan-kawan yang belum pernah ke Irlandia dan pengen mencoba nuansa ke-Irlandia-an, bisa nih ke Gili Trawangan.

Gili Meno
Nah, untuk pasangan muda nih yang baru saja menjadi pengantin dan ingin menghabiskan waktu berdua, biar dunia semakin terasa hanya milik berdua, kalau yang lain mah cuma numpang. Pokoknya yang mau menghabiskan waktu berdua aja, apalagi pasangan muda bisa nih ke Gili Meno. Apalagi nih ya, Gili Meno itu terkenal dengan ketenangannya. Dan ketenangannya ini lah yang disebut cocok untuk pasangan muda. Suasananya pasti akan romantis, apalagi ditambah debur ombak yang ditemani dengan hembusan angin laut. Kamu dan pasangan bisa berhenti sejenak sambil menapakkan kaki di hamparan pasir yang hangat. Kalian bisa sambil berbincang dan berjalan bergandengan tangan, duh memang dunia milik berdua. Atau ingin yang lebih romantis seperti di film-film? Kamu dan pasangan bisa berkuda di bibir pantai juga. Sangat romantis bukannn?

Gili Air
Kalau untuk yang suka keanekaragaman hayati nih, kawan-kawan bisa ke Gili Air. Selain letaknya yang paling dekat dengan pulau Lombok, wisatawan Gili Air juga dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat menyebut GIli Air dengan nama "Tengaq Aiq" yang berarti ditengha-tengah laut. Kebanyakan pengunjung GIli Air ini merupakan wisatawan mancanegara, seperti dari Australia, Belanda, Inggris, Prancis, Italia, dan negara lainnya.


Nah, bagaimana tentang Pulau Kembar Tiga ini kawan-kawan? Tertarik kah untuk berwisata ke sini? Datang ke satu pulau, dapat wisata ke tiga pulau loh, berdekatan lagi jaraknya. Tidak perlu memakan biaya transportasi yang banyak, cukup menggunakan Cidomo, kawan-kawan bisa menikmati indahnya Pulau Kembar Tiga ini. Kawan-kawan juga akan menikmati pemandangan di pantai maupun di bawah laut dengan tenang tanpa khawatir terganggu. Menghabiskan waktu dengan yang tersayang pun juga akan semakin menyenangkan. Karena Pulau Kembar Tiga ini memiliki sejuta pesona yang sangat menggoda. (HT)


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait