Danau Toba, Sumatra Utara

Wisata —Selasa, 5 Oct 2021 12:29
    Bagikan  
Danau Toba, Sumatra Utara
Danau Toba, Sumatra Utara/Pinterest

Depostborneo


Danau toba adalah danau kawah atau danau vulkanik terbesar di dunia.

Baca juga: Gunung Bromo, Jawa Timur

Baca juga: Pesona Keindahan Wisata Taman laut Bunaken, Sulawesi Utara

Danau toba juga memiliki pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau toba. Pulau samosir memiliki luas yang hampir sama dengan Negara Singapur, dapat anda bayangkan luas danau toba yang mengelilingi pulau samosir, pastinya jauh sangat luas. Dengan panjang mencapai 87km dan lebarnya 27km dengan kedalaman mencapai 500 meter luasnya yang luar biasa menakjubkan.

Masalalu danau toba ini terbentuk akibat satu atau beberapah letusan gunung berapi yang sangat dasyat, menurut para ilmuwan letusan yang sangat besar dalam sejarah bumi. Letusan ini membuat kawah yang luar biasa besar. Seiring waktu kawah yang sangat besar dan di penuhi air membentuk sebagai danau Toba, kemudian pergeseran lapisan bumi membuat dasar danau naik dan membentuk pulau samosir yang sangat indah. Luas pulau samosir sekitar 647 km persegi hampir sama dengan luas Negara Singapura.

Baca juga: Explore Lembang Zoo And Park Wisata yang Cocok bersama Keluarga, Jawa Barat

Baca juga: Keindahan dari Pulau Siladen Cocok untuk Liburan Pantai, Manado

Danau toba dengan ketinggian hamper 1 km diatas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari pegunungan membuat udara disana menjadi sejuk.

Danau toba ini mempunyai fauna yang sangat menarik seperti orang utan, lutung dan macam-macam monyet lainya. Danau toba ini berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan.

Keindahan danau toba yang dikelilingi deretan gunung begitu sangat menakjubkan karena lekukan danau toba yang sangat indah dan juga ketebalan kabut kadang menyelimuti danau yang sangat dingin dan sejuk.

Yang anda harus ketahui fakta yang unik danau toba adalah

  • Panjangnya mencapai 87 km dan lebarnmya 27 km.
  • Terbentuk akibat salahsatu letusan terbesar gunung toba, yaitu gunung berapi supervulkan sepanjang sejarah sejak bumi terbentuk dan yang terbesar dalam dua juta tahun terakhir.

    Baca juga: Cerita Horror : Asal-usul Situ Patenggang Ciwidey, Jawa Barat

    Baca juga: Cerita Horror : MItos Tentang Hantu Penunggu Hujan Jati

  • Letusan gunung toba yaitu sekitar 74.000 tahun yang lalu membuat bumi menjadi dingin karena debu vulkanik menutupi permukaan bumi sehingga suhu di bumi berkurang hingga 10 derajat celcius dan debu vulkanik mencapai Greenland di Kutub Utara dan Antartika di Kutub selatan
  • Merupakan danu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggera
  • Diakui sebagai danau vulkanik atau danau kawah terbesar di dunia
  • Pulau samosir di tengah danau toba memiliki luas 647 km persegi yaitu hamper seluas dengan Negara Singapura
  • Jumlah air di danau toba cukup untuk menggenangi seluruh kerajaan Inggris hingga setinggi 1 meter
  • Danau di atas danau, itulah yang terdapat di pulau samosir, karena memiliki dua buah danau di tengah-tengahnya pulau yang berada di tengah danau toba.

Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait