Danau Santani, Jayapura

Wisata —Senin, 11 Oct 2021 15:43
    Bagikan  
Danau Santani, Jayapura
Danau Santani, Jayapura/Pinterest

Depostborneo



Danau Sentani adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang sangat mengagumkan dan sangat menarik untuk di kunjungi. Danau Sentani ini yang terletak di Papua., danau ini terbentang antara kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Soto Grombyang

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Salmon Mentai

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki  luas 245.000 hektar dan Danau Sentani yang memiliki luas 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau ini merupakan danau terluas di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi danau yang indah ini. Danau ini juga mempunya arti dari namanya yaitu Sentani yang berarti : “ di sini kami tinggal dengan damai . dari nama Sentani tersebut pertama kali di sebut oleh seorang pendeta Kristen ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

Saat ini danau Sentani sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 meter dari Jayapura dan jalurnya mudah untuk dijangkau oleh para pengujung, sebagai transportasi di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di Danau Sentani.

Danau Sentani sering diadakan Festival untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani biasanya diadakan pada tanggal pertengahan bulan juni tiap tahun. Festival Danau Sentani sendiri telah ditetapkan sebaqgai yahunan Festifal tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat diatas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Danau Santani ini memiliki binatang laut yang unik seperti berbagai spesies ikan air tawar seperti Ikan Gabus, Ikan pelangi, Ikan Pelangi Merah, dan Ikan Hiu gergaji. Danau Sentani ini juga dijadikan wisata untuk bersenang-bersenang , berenang, menyelam, bersampan, memancing, ski air, dan serta kuliner.

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Jantung Pisang Santan Pedas

Baca juga: Pantai Sebalang, Lampung

Baca juga: Keindahan Alam Pulau Sabuntan, Jawa Timur

Danau Sentani memiliki bukit yang indah, bukit ini dinamakan bukit Teletubis yang mempunyai pemandangan dari bukit ini sangat menajubkan dan pengunjung akan melihat keindahan matari terbenam (sunset) tak hanya itu juga wisatawan yang berkunjung ke danau ini pun bisa menikmati keindahan bukit itu dengan naik ke Tugu Macarthur dan melihat panorama hijau pepphonan dari atas bukit.

Pesona keindahan alam ini sangat menarik untuk kita kunjungi dan berlibur di Danau Santani ini.(z)


Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait