Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Wisata —Senin, 11 Oct 2021 19:51
    Bagikan  
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur/Pinterest

Depostborneo


Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo, pulai ini juga dikenal sebagai kawasan Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara, pulau ini berada di sebelah barat Pulau Sumbaya, yang di pisahkan oleh Selat Sape, termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Danau Santani, Jayapura

Baca juga: Keindahan Pesona Alam Bukit Moko Bandung, Jawa Barat

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Soto Grombyang

Pulau Komodo adalah tempat hewan komodo hidup dan berkembang biat dengan baik hingga Agustus 2009, di pulau ini juga terdapat 1300 ekor komodo, dan di tambah dengan pulau-pulau lainya seperti Pulau Rica dan Pulau Gili Motang, jika dijumlah keseluruhanya menjadi 25200 ekor, di perkirakan sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Pulau ini juga tidak hanya ada Hewan komodo sajah tetapi di pulau ini terdapat eksotisme flora yang beragam seperti pohon kayu sepang yang di olah  oleh warga sekitar digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian,  dan juga ada pohon nitak yang di yakini berguna sebagai obat, bijinya bisa di makan dan rasanya gurih dan enak seperti kacang polong.

Pulau komodo sangat mengesankan untuk di kunjungi sebagai objek wisata karena menelusuri pulau yang sangat indah, menyelami birunya lautan, dan melihat keragaman pesona keindahan Pulau Komodo.

Taman Nasional Komodo meliputi Pulau Komodo, Rinca and Padar dan di tambah pulau-pulau lain yang luasnya 1.817 persegi adalah habitat asli komodo. Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi kelestarian kehidupan hewan Komodo, Taman Nasional Komodo juga sebagai perlindungan untuk kepunahan hewan langka seperti komodo, tidak hanya komodo yang dilindungi oleh Taman Nasional Komodo tetapi seperti macam-macam tumbuhan dan satwa hewan-hewan laut.

Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca dan padar bersama pulau-pulau kecil lainya telah diakui oleh UNIESCO sebagai warisan Dunia pada tahun 1986.

Komodo yang dijuluki komodo dragon atau juga Varanus Komodoensis dan nama lokalnya ‘’Ora”. Spesies Reptile raksasa ini sudah di publikasikan pertama kali pada tahun 1912 di harian Nasional Hindia Belanda.

Peter A. Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor adalah orang yang pertama kali mengenalkan Komodo pada Dunia lewat Papernya itu. Semenjak itu, ekspedisi dan penelitianya terhadap spesies langka ini terus dilakukan.

Pulau komodo masuk 28 finalis yang dipilih oloeh sebuah panel ahli 77 nominasi. Sebelumnya ada 261 lokasi di dunia yang di calonkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, pulau komodo menjadi andalan Indonesia dalam ajang New 7 Wonders Of Nature mempunyai keunggulan disbanding lokasi-lokasi lainya.

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Salmon Mentai

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Jantung Pisang Santan Pedas

Baca juga: Pantai Sebalang, Lampung

Komodo ditemukan pada 1910, tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka popular di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut dan karenanya bIUCN memasukan komodo sebagai spesies yang sangat terancam oleh kepunahan. Komodo sangat di lindungi di bawah pemerintah Indonesia dan sebuah Taman Nasional didirikanya juga untul melindungi.

Keindahan dari Pulau komodo ini adalah pemandangan bawah laut merupakan daya Tarik pendukung yang pontesial, dan wisata ini bisa untuk memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan, dan jika di daratan mempunyai petensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. Mengujungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat luar bisa dan menawan meruupakan pengalaman yang tidak akanb pernah terlupakan.(z)


Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait