Wisata Alam Kawah Putih Bandung, Jawa Barat

Wisata —Rabu, 13 Oct 2021 20:02
    Bagikan  
Wisata Alam Kawah Putih Bandung, Jawa Barat
Wisata Alam Kawah Putih Bandung, Jawa Barat/Pinterest

Depostborneo


Wisata alam Kawah Putih berlokasi di kawasan Pegunungan Ciwidey Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Pertunjukan Musik Indie dari komunitas Akusttack Bandung, Jawa Barat

Baca juga: Pulau Banda, Maluku

Baca juga: Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pegunungana Ciwidey ini mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter diatas permukaan laut, dan suhu di lokasi pegunungan ini sangat dingin hingga mempunyai suhu udara 8 derajat celcius sampai dengan 22 derajat celcius.  Kawah Putih ini merupakan objek wisata alam pegunungan yang cukup terkenal. Wisata Kawah Putih bermula dari abad 10 dimana terjadi sebuah letusan yang sangat hebat dari gunung Patuha. Setelah letusan ini, warga lokal beranggapan bahwa lokasi ini menjadi kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebua akan mati. Seiring berjalanya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini menjadi pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seseorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik oleh kawasan pegunungan yang sunyi dan bahkan tidak ada burung yang terbang diatasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu seluruh informasi yang telah di dapatkan yaitu informasi tentang kawasan itu angker dan di huni oleh mahluk halus.

Baca juga: Danau Santani, Jayapura

Baca juga: Keindahan Pesona Alam Bukit Moko Bandung, Jawa Barat

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Soto Grombyang

Bagi Dr. Franz pernyataan itu sungguh tidak masuk akal, karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut ia pergi kedalam hutan rimba untuk mencari tahu kebenaran dan keberadaanya, singkat cerita ia berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihaat keberadaan sebuah danau yang indah. Semenjak itu, keberadaan kawah ini menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan danau. Terbentuk dari danau ii dikarenakan oleh  akibat dari letusan gunung Patuha dan juga tanahnya yang ada di kawasan ini berwarna putih putih dikarenakan oleh pencampuran belerang, selain tanahnya yang putih air danau Kawah Putih disanah juga berwarna putih kehijauan dan warnanya juga terkadang berubah sesuai dengan kadar belerang yang terkandung suhu dan cuaca, dan sesuai dengan nama tempatnya yaitu Kawah Putih.

Kawah putih cocok untuk di nikmati keindahanya oleh para pengunjung wisata dan juga memiliki kegiatan lain seperti mengambil gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda. Telah di kembangkanya sebagau Kawasan Wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, fasilitas yang ada di Kawah Putih ini seperti area parkir, mushola, transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah, pusat informasi, toilet, restoran, dan warung makan. Tempat wisata Kawah Putih ini di buka setiap hari dari jam 7 Pagi sampai dengan jam 5 sore untuk harga tiket masuknya pada hari biasa dan hari libur serta hari pekan adalah 27.000 Rupiah per orang untuk wisatawan domestik sedangkan harga tiketnya 81.000 Rupiah per orang untuk wisatawan mancanegara. (z)

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Salmon Mentai

Baca juga: Resep Makanan : Cara Membuat Jantung Pisang Santan Pedas


Editor: Razali
    Bagikan  

Berita Terkait