Museum Sepuluh November, Kisah Perjuangan Melawan Para Penjajah

Wisata —Kamis, 21 Oct 2021 14:23
    Bagikan  
Museum Sepuluh November, Kisah Perjuangan Melawan Para Penjajah
Museum Sepuluh November, Kisah Perjuangan Melawan Para Penjajah/Pinterest

DEPOSTBORNEO


Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan. Kota ini menyimpan banyak sejarah perjuangan dan tempat bersejarah yang wajib untuk di kunjungi. Salah satu tempat bersejarah di surabaya yaitu Museum Sepuluh November. Museum ini berada di lokasi Tugu Pahlawan yang terkenal di Surabaya.


Tujuan awal dibagunnya museum ini adalah untuk memperjelas keberadaan Monumen Tugu Pahlawan. Monumen tugu lebih awal didirikan yakni pada tanggal 10 november 1991, Monumen ini memiliki tinggi sekitar 40,5 m dengan diameter bagian atas 1,3 m dan diameter bagian bawah 3,1 m. Didirikan atas usul dari Ir. Soekarno.


Sedangkan Museum sepuluh November resmi soft opening oleh walikota Surabaya, Sumoprawiro pada tanggal 10 November 1998. Dan diresmikan grand opening oleh Presiden ke-4 Indonesia yaitu, K.H. Abdurrahman Wahid pada tanggal 19 Februari 2002.


Museum Sepuluh November berisi tentang penggambaran perng pada 10 November 1945 yang memakan korban sekitar 300 orang. Museum ini terdri dari dua lantai didama lantai pertama digunakan untuk pameran sepuluh gugus patung juga Sosiodrama pidato Bung Tomo serta pemutakam film Pertempuran 10 November dan ruang Auditorium. Sedangkan lantai dua digunakan untuk ruang pameran senjata.


Museum Sepuluh November terletak di Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Buka pada hari Selasa - Jumat mulai pukul 08.00 - 14.30 WIB, hari Sabtu dan minggu mulai pukul 08.00 - 13.30 WIB, sedangkan untuk hari Senin dan hari libur Nasional Museum tutup. Harga tiket masuk Museum ini pun tergolong murah, yakni hanya Rp 5.000/orang.

Baca juga: Destinasi Wisata Disneyland Ala Negeri Dongeng Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Baca juga: Liburan Seru ala Luar Negri di Flora Wisata San Terra de Lafonte

Hal Menarik yang Ada di Museum Sepuluh November


1. Bentuknya seperti Piramida
Museum Sepuluh November memiliki bentuk bangunan berbentuk limas seperti piramid. Selain atapnya, Bentuknya juga seolah tenggelam dan hanya telihat bagian atapnya saja.


2. Mengenang 10 November
Museum ini tebagi menjadi 2 lantai yaitu lantai pertama terdapat 10 patung arek-arek surboyo dengan gaya heroik. Dari lantai kedua anda dapat melihat bagian atas patung itu terbuka. Disisi lain terdapat mural yang bertuliskan "Merdeka atau Mati"


3. Terdapat Peninggalan Bung Tomo
Bung Tomo merupakan tokoh penting dari peristiwa hari Pahlawan. Salah satu peninggaln nya adalah Mobil hitam jenis Opel Kapitan tahun batan 1956. Tak hanya barang, peninggalan lain dari bung karno merupakan suara asli ia yang sedang berpidato.


4. Tersedia Teknologi Hologram
Teknologi ini digunakan untuk menjelaskan dokumenter sejarah denan tampilan visualisasi tiga dimensi. Selain tampilan tiga dimensi, terdapat pula sumber suara yang menarasikan cerita tersebut.


5. Meraih Penghargaan
Museum Sepuluh November telah meraih penghargaan sebagai museum Kabupaten/Kota terbaik tingkat nasional yang diberikan oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia pada Oktober 2015 lalu di Museum Nasional, Merdeka Barat, Jakarta. Mendapat penghargaan Abiawa Musea tahun 2915 dan lainnya. /VR

Baca juga: Pulau Derawan, Wisata Laut Yang Berada di Kalimantan

Baca juga: Bukit Panguk Kediwung, Wisata Negeri Di Atas Awan yang Memanjakan Mata

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait