Destinasi Wisata Edukasi Astronomi Planetarium Jakarta

Wisata —Senin, 25 Oct 2021 12:36
    Bagikan  
Destinasi Wisata Edukasi Astronomi Planetarium Jakarta
Destinasi Wisata Edukasi Astronomi Planetarium Jakarta/Pinterest

DEPOSTBORNEO


Planetarium Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Jakarta yang menampilkan edukasi tentang dunia luar angkasa. Pengunjung tak hanya mendapat informasi tentang dunia luar angkasa maupun astronomi, tetapi juga dapat merasakan pengalamannya langsung.


Wisata ini merupakan bangunan yang di prakarsai oleh Preesiden pertama Bapak Ir. Soekarno. Bangunan ini mulai dibangun sekitar tahun 1964 dan memakan waktu pembangunan kurang lebih 4 tahun. Dan diresmikan pada tahun 1968.


Tujuan utama pembangunan gedung ini adalah untuk dijadikan tempat pameran atau simulasi benda langit juga ilmu astronomi lainya. Pengelolaan dan Penanggung jawab diserahkan sepenuhnya kepada pemda DKI. Dan mulai saat itu, semua kegiatan yang berhubungan dengan penelitian atau dokumentasi segala ilmu astronomi dilakukan di tempat ini.


Alamat Planetarium Jakarta berada di pusat kota Jakarta yaitu Jl. cikini raya no. 73, Menteng, Jakarta Pusat. Rute jalan menuju ke Planetarium dari Tangerang bila menggunakan KRL yaitu Pertama cari kereta jurusan Duri, dilanjutkan untuk mencari kereta dengan jurusan Manggarai. Dari Manggarai dilanjutkan dengan naik kereta jurusan Jakarta Kota dan turun stasiun Cikini. Namun jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat mengikuti petunjuk dari bantuan Navigasi peta dari handphone.


Harga tiket umum ke Planetarium Jakarta berkisar antara Rp. 7.000 hingga Rp. 12.000. Selain tiket umum terdapat juga tiket teater bintang untuk rombongan. Anda dikenakan biaya Rp. 5.000 apabila pelajar, dan biaya Rp. 12.000 apabila non pelajar. Syarat agar masuk kategori rombongan adalah minimal berjumlah 100 orang.

Baca juga: Panorama Keindahan The Lost World Castle

Baca juga: Keindahan Istana Air Taman Sari Jogyakarta

Wisata ini Buka pada hari Selasa s/d Minggu mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Jadwal Pertunjukan Rombongan ( Selasa-Jumat) yaitu pada pukul 09.30 dan 13.30 WIB. Sedangkan untuk jadwal perorangan (Sabtu,Minggu, Hari Libur Nasional) yaitu pada pukul 09.00, 12.00, dan 15.00 WIB. Durasi pertunjukan nya sekitar 50 - 60 menit persesi.


Daya Tarik dan Atraksi Planetarium Jakarta


1. Teater Bintang
Teater bintang merupakan pertunjukan pemandangan langit malam dengan segala kondisi dan situasi. Teater bintang juga menampilkan pembentukan tata surya, Gerhana Matahari dan Bulan, Riwayat hidup Bintang, Serta Situasi Tata Surya dan isinya seperti Galaksi, matahari, Planet, dan lain-lain. Pertunjukan ini diputar selama kurang lebih 50 - 60 menit.


2. Teleskop Observatorium
Di Teleskop Obserbatorium ini tedapat beberapa jenis teleskop yaitu Teleskop ASKO yaitu teleskop Reflektor dengan cermin berdiameter 31 cm. Teleskop ini biasa digunkan untuk penelitian teramasuk penentuan hari raya idul fitri. Teleskop Takahashi yang merupakan teleskop jenis reflektor Newtonian dengan diameter 16 cm. Juga Teleskop Coude yang merupakan teleskop jenis reflektor dengan diamater 15 cm dan menggunakan lensa dan lain-lain.


3. Ruang Pameran
Di ruang ini, anda dapat melihat aneka peralatan observasi astronomi, gambar benda-benda langit disertai informasi lengkapnya, Pakaian aastronot, hingga pecahan batu meteor.


Fasilitas Pendukung
Sebagai tempat wisata dengan tema edukasi, fasilitas yang ada di Planetarim Jakarta ini cukup memadai yakni area parir yang luas, Toilet yang bersih, Ruang tunggu, dan Semua ruangan ber-AC. /VR

Baca juga: Klenteng Sam Poo Kong, Destinasi Wisata Bernilai Sejarah dan Keagamaan

Baca juga: Pulau Komodo yang Menjadi Salah Satu 7 Keajaiban Dunia

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait