Pesona Keindahan Destinasi Wisata Satwa Air Seaworld Jakarta

Wisata —Senin, 25 Oct 2021 13:47
    Bagikan  
Pesona Keindahan Destinasi Wisata Satwa Air Seaworld Jakarta
Pesona Keindahan Destinasi Wisata Satwa Air Seaworld Jakarta/Pinterest

DEPOSTBORNEO


Seaworld Ancol merupakan salah satu tempat rekreasi yang tak hanya menyuguhkan hiburan, wisata ini juga menyuguhkan ilmu pengetauan khususnya tentang biodata laut sekaligus tentang perlindungan dan pelestarian nya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh pecinta satwa air. Disana, anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang satwa laut.


Seaworld Ancol dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dengan bangunan utamanya seluas 4.500 m2. Didirikannya objek wisata ini yaitu pada masa pemerintahan Gubernut WIgoyo Atmadarminto selama 2 tahun mulai tanggal 2 oktober 1992 hingga diresmikan dan dibuka tanggal 3 Juni 1994.


Tujuan dibangunnya wisata ini adalah untuk wahana pendidikan, Konservasi, juga Hiburan. Disetiap aquarium dilengkapi dengan penjelasan singkat tentang nama hewan juga habitat aslinya yang akan memudahkan pengunjung dalam menyerap informasi.


Kawasan Seaworld Ancol terbagi menjadi 3 zona utama. Zona-zona tersebut ialah zona air tawar, zona pesisir dan zona laut. Ketiga zona ini berisi 19 akuarium laut, 9 akuarium air tawar, 4 kolam yang bentuknya terbuka dan 28 display layar sentuh.


Sementara mengenai jumlah satwa yang ada di tempat ini, total keseluruhannya berjumlah 7.300 biota air tawar dan 11.500 biota laut. Diantaranya bahkan ada beberapa satwa air yang termasuk ikan terganas di dunia yaitu ikan Piranha. Selain Piranha, di tempat ini juga ada ikan Hiu raksasa yang panjangnya mencapai 3,5 meter.

Baca juga: Pesona Keindahan Destinasi Wisata Satwa Air Seaworld Jakarta

Baca juga: Destinasi Wisata Edukasi Astronomi Planetarium Jakarta


Lokasi Seaworld Jakarta berada di Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Jakarta. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, rute menuju seaworld dapat menggunakan rute Jalan R.E Martadinata atau Jalan Lodan Raya. Pilihlah salah satu, kedua rute tersebut akan mengarahkan kendaraan menuju pintu masuk Seaworld. Untuk petunjuk yang lebih akurat, anda dapat mengikuti bantuan navigasi dari handphone.


Seaworld Jakarta buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat, dan 09.00 - 18.00 WIB ntuk hari Sabtu dan Minggu. Untuk harga tiket masuk Reguler saat weekday sebesar Rp80.000, weeken Rp 100.000. Untuk harga Reguler Premiun weekdays dan weekend adalah Rp 115.000, Untuk harga Bundling Sea World dan Ocean Dream Samudra saat weekdays adalah Rp 135.000, weekedn Rp 180.000, dan untuk harga Bundling Sea World dan Atlantis Water Adventure saat weekend adalah Rp 115.000, weekend Rp 160.000.


Objek Wisata Seaworld Jakarta


1. Terowongan Bawah Air
Terowongan ini tebuat dari kaca dengan panjang 80 m. Terowongan ini mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat indah yang cocok untuk dijadikan background untuk foto.


2. Ribuan Satwa Laut
Akuarium utama adalah akuarium terbesar dengan ukuran 38 x 24 m dengan 5 juta liter air laut didalamnya. Disini terdapat 35.000 ikan laut dari 35 spesies yang berbeda. Disini juga terdapat ikan Hiu Perawat Raksasa yang memiliki panjang kurang lebih 3,5 m.


3. Glow Theater
Wahana ini menampilkan sebuah teater yang berkaitan dengan Sea Turtle Story.


4. Touch Pool
Pada area ini, pengunjung dapat menyentuh hewan satwa. Seaworld mempunyai 3 area kolam yang bisa pengunjung sentuh yaitu area pertama yang berisi biodata bintang laut yang bisa disentuh atau diangkat tubuhnya.

Baca juga: Keindahan Istana Air Taman Sari Jogyakarta

Baca juga: Orchid Forest Cikole, Destinasi Wisata yang Memiliki 157 Spesies Bunga Anggrek


Di area kedua pengunjung bisa menyentuh hewan langka dengan umur panjang seperti penyu laut. Pengunjung dapat menyentuh kepala atau cangkang nya dengan hati-hati. Area terakhir adalah satwa buas ikan hius dan pari. Disini pengunjung dapat menyentuhnya karena hewan nya masih kecil, namun hanya bisa sebatas menyentuh punggung karena meski masih kecil pun, mereka berbahaya.


5. Ikan Air Tawar Terganas
Ikan air tawar yang berada disini berasal dari beberapa negara di dunia. Salah satunya adalah ikan Piranha yang didatangkan langsung dari sungai Amazon. beberapa ikan lainnya yaitu ikan sirip dan arapaima.


6. Jelly Fish
Disini, Pengunjung dapat menyaksikan berbagai ubur-ubur seperti Upside Down, Blubber, serta Sea Neattle Jelly Fish.


7. Fun Dive
Di wahana ini, Pengunjung dapat menyelam sambil memberi makan ikan secara langsung.


8. Museum Seaworld Ancol
Di dalam Museum Seaworld Ancol, terdapat beberapa jenis ikan yang diawetkan. Salah satunya ialah Ikan Purba Coelacanth (ikan Raja laut).


Fasilitas SeaWorld Jakarta

  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang P3K
  • Photo Shop tempat mencetak foto dikreasikan dalam bentuk kaos ataupun gelas
  • Ruang Baby Care
  • Teater
  • Museum
  • Fish Spa (yang akan dilakukan oleh ikan Garru Ruffa. Ikan tersebut nantinya akan memakan sel – sel kulit yang sudah mati. Dengan durasi 30 menit).
  • Perpustakaan
  • Food court
  • Toko souvenir
  • Papan Informasi

/VR

Baca juga: Newcastle United dan Bayangan Isu HAM

Baca juga: Museum Sepuluh November, Kisah Perjuangan Melawan Para Penjajah

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait