Berlibur ke-Situ Patenggang Ciwidey, Saksi Cinta antara Dua Titisan Dewa

Wisata —Jumat, 29 Oct 2021 12:28
    Bagikan  
Berlibur ke-Situ Patenggang Ciwidey, Saksi Cinta antara Dua Titisan Dewa
Berlibur ke-Situ Patenggang Ciwidey, Saksi Cinta antara Dua Titisan Dewa/Pinterest

DEPOSTBORNEO


Situ Patenggang merupakan danau yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh kebun teh yang hijau dan asri. Menurut sejarahnya, nama situ patenggang berasal dari kata bahasa sunda yaitu "Pateang-teang" yang artinya saling mencari. Sedangkan situ sendiri memiliki arti "Danau".


Kisah cinta ini terjadi diantara dua titisan dewa yang saling cinta, Kian Santang dan Dewi Rengganis. Dua orang itu yang saling merindukan itu saling mencari dan bertemu di sebuah tempat yang kini bernama "Batu Cinta". Selanjutnya dewi Rengganis meminta Kian Santang membuat perahu ntuk berlayar bersama.


Situ Patenggan terletak di Kampung Patengan, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari wisata alam Kawah Putih dan Bersebelahan dengan kebun teh Ciwalini. Berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Bandung.


Rute untuk ke situ patenggang yaitu menuju Cipularang untuk kemudian masuk tol Buah Batu dan mengikuti arah ke Banjaran. Dari Banjaran, temukanlah arah ke Soreang dan selanjutnya ke Ciwidey. Dari Ciwidey, lanjutkan perjalanan ke wisata Situ Patenggang dengan akses jalan yang mudah. Anda juga dapat mengikuti petunjuk arah navigasi di handphone.

Baca juga: Melihat Keindahan Destinasi Wisata Dusun Bambu Bandung

Baca juga: Lembang wonderland, Destinasi Wisata Ala Dunia Fantasi di Bandung


Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk, pengunjung harus membayar sebesar Rp 20.000/orang saat weekdays. Untuk weekend dan hari libur biasanya lebih mahal. Selain membayar tiket masuk, pengnjung juga harus membayar parkir seharga Rp 3.500 untuk kendaraan roda dua dan Rp 11.500 untuk kendaraan roda empat.


Fasilitas Situ Patenggang

  • Cafe
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Food Court
  • Toko Souvenir
  • Area parkir
  • Penyewaan perahu (Rp 30.000/orang)
  • Penginapan
    /VR

Baca juga: Panorama Keindahan The Lost World Castle

Baca juga: Keindahan Istana Air Taman Sari Jogyakarta

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait