Mengintip Keragaman Flora dan Fauna di Taman Nasional Tanjung Puting

Wisata —Sabtu, 11 Dec 2021 10:01
    Bagikan  
Mengintip Keragaman Flora dan Fauna di Taman Nasional Tanjung Puting
pinterest

DEPOSTBORNEO.COM- Terletak di semenanjung barat Provinsi Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanung Puting dengan luas 415.040Ha atau kurang lebih 6 kali luas kota Jakarta dalam beberapa waktu terakhir sudah menjadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia yang paling diminati oleh turis mancanegara.

Merupakan salah satu hutan hujan  tropis tertua di Dunia menjadi daya Tarik dari tempat ini. Dengan ribuan jenis keanekaragaman hayati flora dan fauna dan dengan pesona orangutan yang merupakan satusatunya keras besar di luar benua afrika menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi tempat ini.

Taman Nasional Tanjung Putting adalah rumah alami dengan populasi terbesar Orangutan Kalimantan Barat (pongi pygmaeus) yang dilindungi  dan kelestariannya sangat dijaga. Orangutan adalah kera besar yang hanya ditemukan hidup liar di Pulau Kalimantan dan Sumatera mendapat predikat keunikan yang layak dan tidak usah ditanyakan lagi.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting kamu akan disambut dengan hamparan hutan kerangas yang merupakan rumah bagi spesies tumbuhan pemakan serangga. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga akan menemukan hutan rawa gambut yang memiliki tumbuhan dengan akar lutut dan akar udara. Juga, kamu akan melihat barisan pohon gaharu, meranti, keruing, ramin, ulin dan kayu lanan.

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Jajanan Jadul Gulali Rambut Nenek

Tidak cukup dengan keindahan flora, kamu jangan sampai melewatkan melihat orangutan yang dengan bebas bisa berkeliaran di Taman Nasional Tanjung Puting. Masih banyak satwa yang bisa kamu lihat disini.

Selain bisa melihat keanekaragaman flora dan fauna, kamu bisa suja sambil belajar loh di tempat ini. Saat kamu berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting, kamu bisa juga mengunjungi Pondok Tanggui dan Camp Leakey untuk belajar sejarah Taman Nasional Tanjung Puting.

Bukan hanya itu, disana juga kamu bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana para relawan konservasi merawat orang utang. Kalau kamu sekalian ingin menyaksikan orangutan secara langsung, kamu bisa menunggu hingga jam makan. Karena di jam tersebut, orangutan biasanya turun dari pepohonan.

Baca juga: Simak! Ini Pengertian dan Cara Melakukan Self Healing yang Benar

Sebelum memasukin Taman Nasional Tanjung Puting, kamu harus menempuh perjalanan dengan menaiki perahi dari Pelabuhan Kumai dengan melewati Sungai Sekonyer. Selma perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan hutan di kanan kiri tepi sungai.

Sensasi menyusuri sungai Sekonyer disebut-sebut mirip dengan pemandangan menyusuri Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Banyak sekali kegiatan yang kamu bisa lakukan saat mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting ini, salah satunya adalah trekking hutan tropis. Tapi, agar lebih aman kamu jangan melakukanbtrekking sendirian ya! Kamu bisa meminta seorang pemandu menemani kamu saat trekking menukusuri hutan.

Masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat kesini loh! –zz-

Baca juga: Kota Ghaib Saranjana, Misterius dan Modern

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait